Tuesday, March 26, 2019

CONTOH LATIHAN SOAL STATISTIKA DASAR


Untuk soal nomor 1 sampai nomor 4 perhatikan informasi berikut. Misalkan diketahui suatu distribusi nilai mata kuliah statistika dasar 10 mahasiswa. 9 nilai diantara diketahui sebagai berikut:
30, 50, 90, 10, 90, 20, 0, 30, 90
Nilai mata kuliah statistika dasar untuk mahasiswa ke-10 masih misteri. Diperoleh informasi nilai misteri tersebut besarnya lebih dari 50, namun bukan 90.
  1.   Berdasarkan informasi di atas, apakah mungkin untuk menentukan modus dari distribusi nilai mata kuliah statistika dasar 10 mahasiswa tersebut? Jika ya, tentukan modus dari distribusi nilai mata kuliah statistika dasar 10 mahasiswa tersebut. Jika tidak, kemukakan alasannya!
  2. Berdasarkan informasi di atas, apakah mungkin untuk menentukan median dari distribusi nilai mata kuliah statistika dasar 10 mahasiswa tersebut? Jika ya, tentukan median dari distribusi nilai mata kuliah statistika dasar 10 mahasiswa tersebut. Jika tidak, kemukakan alasannya!
  3. Berdasarkan informasi di atas, apakah mungkin untuk menentukan mean dari distribusi nilai mata kuliah statistika dasar 10 mahasiswa tersebut? Jika ya, tentukan mean dari distribusi nilai mata kuliah statistika dasar 10 mahasiswa tersebut. Jika tidak, kemukakan alasannya!
  4. Jika diketahui mean dari distribusi nilai mata kuliah statistika dasar 10 mahasiswa tersebut adalah 48, maka tentukan besar nilai mata kuliah statistika dasar yang diperoleh mahasiswa ke-10. Jelaskan bagaimana cara memperoleh nilai mata kuliah yang diperoleh mahasiswa ke-10 tersebut.

Untuk soal nomor 5 dan nomor 6, perhatikan kumpulan data berikut: 8, 12, 12, 12, 13,
16, 17, 18, 18
     5. .  Jika data pertama dari kumpulan data di atas yaitu ”8” diganti menjadi “2”, maka tentukanlah:
      a.        Modus, median, dan mean yang baru dari kumpulan data tersebut.
b.        Diantara ketiga ukuran pusat pada point (a) ukuran manakah yang sangat dipengaruhi oleh pergantian nilai tersebut? Kemukakan alasannya!
                           6.             Jika data pertama yaitu ”8” dihilangkan, maka tentukanlah:
a.        Modus, median, dan mean yang baru dari kumpulan data tersebut.
b.        Diantara ketiga ukuran pusat pada point (a) ukuran manakah yang sangat dipengaruhi oleh pergantian nilai tersebut? Kemukakan alasannya!
7. Seorang peneliti menemukan bahwa mean dari distribusi data penelitiannya adalah 120,            sedangkan mediannya adalah 130. Apa yang dapat dikemukakan mengenai bentuk 
    distribusi dari data penelitian dari peneliti itu?
                8.    Diketahui ukuran-ukuran persentil dari suatu distribusi data sebagai berikut: P25 = 15, P50 =                20, dan P75 = 30. Apa yang dapat dikemukakan mengenai bentuk
           distribusi dari data tersebut?
1.   
              9. Perhatikan daftar distribusi frekuensi dari kecepatan waktu reaksi (milliseconds) tubuh
dalam merespon ketika tubuh menerima stimulus dari luar yang berupa stimulus sederhana dan stimulus kompleks. Berdasarkan daftar distrubusi frekuensi tersebut, seorang peneliti ingin membandingkan keragaman dari dua kelompok data tersebut.
Time
Stimulus
Sederhana
Stimulus
Kompleks
300 – 319
1
3
280 – 299
1
6
260 – 239
2
10
240 – 259
4
18
220 – 239
3
25
200 – 219
6
35
180 – 199
11
28
160 – 179
12
16
140 – 159
8
7
120 – 139
2
2
       a.        Tentukan range dan semi interquartile range dari masing-masing kelompok data tersebut.
b.        Tentukan Mean, Median, Modus dari data tersebut di atas
c.        Tentukan P25, P45, dan P80.

CONTOH SOAL RESPONSI UAS STATISTIKA DASAR


SOAL RESPONSI STATISTIKA DASAR

1.         Daftar di samping menyatakan upah tiap jam untuk 65 pegawai di suatu pabrik. Ujilah data tersebut, apakah terdistribusi normal?
Upah (Rupiah)
frekuensi
50,00 – 59,99
8
60,00 – 69,99
10
70,00 – 79,99
16
80,00 – 89,99
14
90,00 – 99,99
10
100,00 – 109,99
5
110,00 – 119,99
2

2.         Untuk memeningkatkan produktivitas sekelompok petani diberi bantuan saprodi oleh pemerintah. Sesudah beberapa tahun ingin diketahui apakah ada perbedaan produktivitas pada petani yang diberi bantuan yang tidak mendapat bantuan pemerintah. Berikut ini diberikan data nilai produktivitas yang diperoleh dari dua kelompok petani tersebut :
Petani yang Tidak Mendapat Bantuan
Petani yang Mendapat Bantuan
No
Nilai Produktivitas
No
Nilai Produktivitas
1
60,5
1
73,4
2
75,6
2
78,5
3
78,7
3
82,8
4
57,5
4
69,5
5
64,3
5
85,7
6
67,9
6
92,4
7
79,2
7
76,8
8
72,8
8
67,3
9
59,6
9
58,7
10
68,5
10
63,6


11
77,3


12
84,2


13
89,0


14
83,5
a.       Rumuskan hipotesis penelitian dan statistis dari kasus di atas.
b.      Apa kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini! (




3.         Dampak ledakan bom biasanya mendorong orang untuk membeli mata uang asing karena menganggap Indonesia tidak aman. Hasil dari peristiwa ini adalah nilai tukar akan melemah dibandingkan sebelum kejadian, kecuali kondisi ekonomi tetap stabil maka dampak dari ledakan bom tersebut tidak akan kelihatan. Berikut adalah krus transaksi beli Bank Indonesia sebelumdan sesudah peristiwa pengeboman Hotel J.W. Marriot Jakarta.
Mata uang
Krus sebelum ledakan bom
Krus sesudah ledakan bom
US $
8.470
8.446
Pound
13.640
13.214
Aust $
5.518
5.380
Sin $
4.815
4.803
Ymr
2.228
2.222
HK $
1.085
1.082
Yen
70
72
Euro
9.546
9.103
         Peneliti menduga bahwa krus rupiah terhadap krus mata uang asing sesudah bom lebih tinggi dibandingkan dengan krus sebelum ledakan bom.
a.       Rumuskan hipotesis penelitian dan statistis dari kasus di atas.
b.      Apa kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini! (

4.         Lippo Group mempunyai 3 perusahaan yang go public di BEJ dalam bidang property yaitu PT. Lipo Cikarang, PT. Lipo Karawaci, dan PT. Lipo Land. Manajemen sedang memikirkan apakah akan tetap menjual saham melalui ketiga perusahaan tersebut atau dijadikan satu saja. Apabila rata-rata harga sahamnya berbeda, maka akan tetap dijual melalui tiga perusahaan tersebut, sedangkan apabila harga rata-rata sahamnya sama, maka akan dijual melalui satu perusahaan saja.
PT. Lipo Cikarang
PT. Lipo Karawaci
PT. Lipo Land
200
210
575
210
280
575
225
250
560
180
210
575
175
250
600
200
210
575
210
210
500
175
225
675
a.       Rumuskan hipotesis penelitian dan statistis dari kasus di atas.
b.      Apa kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini! 






5.         Seorang peneliti ingin mengetahui tingkat kemampuan berfikir logis siswa sekolah menengah dikaitkan dengan penggunaan pendekatan pembelajaran serta jenis sekolah tempat dimana pendekatan pembelajaran diterapkan. Berikut adalah tabel yang dikonstruksi oleh peneliti. Angka dalam tiap sel menunjukkan skor siswa tentang kemampuan berfikir logisnya.
6.        Selama ini diyakini dengan modal kerja yang cukup, maka produksi akan meningkat. Untuk meningkatkan produksi pangan, setiap tahun diberikan kredit untuk pangan, dengan harapan apabila kredit meningkat maka produksi pangan meningkat untuk memperkuat katahanan pangan. Berikut data produksi pangan (juta ton) dan kredit dalam triliun.

Tahun
Jumlah Kredit (X)
Produksi Pangan (Y)
1997
10
48
1998
12
49
1999
14
50
2000
15
51
2001
20
49
2002
29
51
         Dari data tersebut di atas, maka:
a.    Tentukan koefisien-koefisien regresi dari persamaan regresi Y = a + b X
b.    Tentukan koefisien korelasi dan koefisien determinasi, serta interpretasikan.
c.     Ujilah koefisien-koefisien regresi di point (a) apakah koefisien tersebut nyata atau tidak pada taraf nyata 1%.
d.    Berikan penjelasan makna dari persamaan regresi di point (a).